Kamis, 05 Mei 2011

Tentang SMK Agro Nurul Huda Sindangmukti Ciamis


Pembangunan Nasional menuntut tersedianya sumber daya manusia yang bersikap dan berpandangan modern, bijaksana dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sumber daya manusia tersebut dikembangkan melalui proses pendidikan yang terarah dan dilandasi oleh nilai-nilai luhur.
Pembangunan pendidikan di Indonesia merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Masyarakat dituntut turut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai bukti kepedulian dan tanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kepedulian dan peran serta masyarakat sangat penting dalam proses pembangunan nasional dan merupakan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Berkaitan dengan potensi wilayah Kabupaten Ciamis yang memiliki Visi “Dengan Iman dan Taqwa Ciamis Mantap Sejahtera 2014”,  salah satu program untuk wilayah Kecamatan Panumbangan, Cihaurbeuti, Panjalu, Sukamantri dan Lumbung, dijadikan sebagai kawasan Pengembangan Agropolitan. Kawasan Agropolitan adalah kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis serta mampu melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian di wilayah sekitarnya.
Pada saat ini Wilayah Kabupaten Ciamis, terutama Wilayah Kawasan Agropolitan, merupakan sentra peternakan unggas. Agribisnis peternakan unggas tersebut telah berkembang mulai dari produksi perbibitan unggas  yang menghasilkan DOC, produksi unggas petelur, produksi unggas pedaging, sampai bisnis ikutannya yang meliputi produksi pakan, dan bisnis pemotongan unggas.
Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda, yang berada di Desa Sindangmukti Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, dalam keikutsertaanya dalam membangun potensi wilayah,  termasuk mensukseskan Program Agropolitan di Kecamatan Panumbangan, ingin berperan serta dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui gagasan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan. Gagasan pendirian SMK tersebut selain bercita-cita ikut memajukan pembangunan di Kabupaten Ciamis, khususnya di Kecamatan Panumbangan, juga diarahkan agar SMK menjadi bagian integral dari Pembangunan Nasional dan menjadi penghubung antara dunia IPTEK dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha  khususnya bidang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan dalam rangka menunjang Program Agropolitan. Hubungan integrasi antara dunia usaha dengan bidang pendidikan dapat dilihat pada gambar 2.
Berkaitan hal tersebut maka Program Studi Keahlian yang dikembangkan di SMK Nurul Huda adalah Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Ternak. Untuk Program Studi Keahlian tersebut, saat ini SMK Nurul Huda baru membuka Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar